BacaKomikAsyik 002 7 Komik Inspiratif untuk menemani Kamu di Bulan Ramadhan

Assalammualaikum wr wb

Salam Sejahtera bagi kita semua,.

Welcome to ulummulu.com

Terimakasih sudah mampir di channel ini.

Kali ini ulummulu.com akan berbagi dalam segmen #BacaKomikAsyik

Alhamdulillah kita telah memasuki Bulan Ramadhan,

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang ditunggu-tunggu,

Firman ALLAH dalam Surat Al Baqarah ayat 183

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa agar kita semakin bertaqwa & semakin dekat kepada Tuhan. Bulan Ramadhan juga seringkali diartikan sebagai bulan Pembelajaran, dimana selama sebulan penuh kita membiasakan hal-hal baik untuk dapat menjadi bekal di 11 bulan berikutnya dan bisa juga sebaliknya selama 11 bulan lalu kita mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan kali ini.

Di #BacaKomikAsyik kali ini, aku akan sharing mengenai 7 komik Inspiratif yang bisa menemani kamu mengisi waktu luang di Bulan Ramadhan.

 

  1. Hidup Bertetangga ala Muslim Show

Komik ini merupakan komik terjemahan dari komikus asal Perancis Noredine Allam, Greg Blondin dan Karim Allam , diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Mizan, sebelumnya aku membaca komik ini melalui Page Facebook Muslim Show. lalu di tahun 2014 mereka datang ke Jakarta di Acara Popcon Asia 2014, Page Facebook Muslim Show membagikan tiket masuk gratis bagi Penggemar Muslim Show.

Sesampainya diacara Popcon Asia, aku menyempatkan diri untuk membeli komik ini dan bertemu langsung dengan komikusnya, dan seperti yang diduga mereka sangat ramah.

Kembali ke isi dari komik Hidup Bertetangga ala Muslim Show, komik ini menceritakan kehidupan Muslim di Perancis, dengan dibumbui komedi dan sedikit sarkas, komik ini mampu untuk membuat aku bersyukur hidup di Negara mayoritas Muslim dimana bebas dalam menjalankan Ibadah dan masih banyak masyarakat yang menjaga Toleransi antar umat beragama. Ada 1 Page yang menggambarkan bahwa terkadang di Perancis umat muslim masih harus beribadah secara sembunyi-sembunyi, karena masih ada Stigma muslim adalah Teroris dan beberapa Islamphobia. Dikomik ini selain menceritakan tentang kehidupan bertetangga yang saling menghormati meskipun berbeda agama, juga menceritakan tentang Adab kepada Ulama, hubungan antar keluarga dan juga banyak hikmah lain yang digambarkan mengenai keadaan Muslim di Perancis.

Mulai tahun 2015, The Muslim Show mengubah gaya gambarnya menjadi siluet, pertimbangannya Author nya ingin lebih berhati-hati dalam menggambar terkait dengan hukum menggambar makhluk bernyawa.

 

Kalian bisa baca komik Muslim Show melalui page FB Muslim Show, Muslim Show Indonesia IG Muslim Show atau install aplikasinya.

Sebagai pengingat ada salah satu Hadist Nabi Muhammad S.A.W berikut :

“Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka muliakanlah tetangga,” (HR Abu Dawud).”

sebagai rujukan lain mengenai Adab bertetangga

 

  1. Komik Nasihat Rasul SAW : ke Surga Lewat Mana, Ya?

Masih dengan komik terbitan Mizan, komik ke Surga Lewat Mana, Ya? Dengan Author Komik Hendranto Putra Pratama, dimana dia juga komikus Prajurit Dewa yang saat ini sudah mencapai season 5 di Aplikasi Ciayo Comic.

Komik yang bernuansa komedi ini, menggambarkan contoh-contoh dari penerapan Hadits Nabi Muhammad SAW, ditiap halamannya ada petikan hadits Nabi SAW. Jika sebelumnya di komik Muslim Show lebih menggambarkan kehidupan Muslim di Perancis, maka komik ke Surga Lewat Mana, Ya? Digambarkan dengan nuansa yang Indonesia banget, dari parody Malin Kundang, mitos-mitos yang ada di Indonesia, teman yang berhutang tapi susah ditagih, sampai situasi dimana kita ditanya kapan nyusul kalo lagi kondangan.

Meskipun digambarkan dengan kocak, kita tetap dapat mengambil hikmah dari setiap petikan hadits dan terjemahan ayat Alqur’an yang disertakan pada komik ini.

 

  1. Islam Hari Ini

Komik Islam Hari ini, merupakan revisi dari komik Islam sih, Tapi…

Komik terbitan Qultummedia ini dibuat oleh komikus AlisNaik yang alisnya beneran naik,. 😀

Dengan slogan yang kecil terlupakan, yang besar terabaikan, meskipun diterbitakan sejak 2013 lalu, komik Islam Hari Ini masih relevan dengan keadaan sekarang, penggambaran tentang kita yang masih sering mengutamakan dunia dibandingkan dengan mempersiapkan bekal ke akhirat, pemujaan terhadap makhluk secara berlebihan, adab dalam berkomunikasi baik online maupun langsung, menjalankan toleransi ketika bulan puasa hingga hal yang sederhana namun sering diabaikan semacam menjaga kebersihan, padahal ada ungkapan “Kebersihan sebagian dari Iman”.

Komik Islam Hari Ini juga mengingatkan kita kembali untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan kita, serta mengingatkan kita dalam memaknai dan memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan baik, agar tidak menjadi penyesalan ketika bulan Ramadhan usai.

 

  1. PUAS : Pemeran Utamanya adalah Setan

Masih dengan Author yang sama AlisNaik, meskipun di Bulan Ramadha,n menurut hadits, setan-setan di belenggu, namun sumber maksiat bisa juga dari hawa nafsu manusia itu sendiri.

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari no. 1899 dan Muslim no. 1079).

Kutipan muslimah.or.id

 

Komik PUAS : Pemeran Utamanya adalah Setan, menceritakan bagaimana cara-cara setan menggoda manusia. Ada tiga tokoh utama dalam komik ini, setan tiga sekawan pertama adalah Salamep, setan pemalas yang sering apes dalam menjalankan tugasnya. Kedua Sinogatna, setan cantik penggoda gadis cantik, dan Nangijab, setan yang selalu berpantun sebelum melancarkan aksinya.

 

Sayangnya koleksi komik ku yang satu ini hilang, entah terselip dimana. Kalian bisa membaca previewnya di link ini

Karena gak terlalu ingat sebagian besar isinya, intinya si kita bisa juga mempelajari bagaimana setan menggoda manusia, agar selanjutnya kita dapat menghindari godaan tersebut dan juga mempelajari bagaimana mengendalikan hawa nafsu pada diri kita. Mari memanfaatkan momen Ramadhan dimana Setan dibelenggu dan banyak limpahan rahmat, ampunan serta memohon untuk dijauhkan dari Api Neraka.

 

  1. Ta’aruf

Kalau komik-komik sebelumnya disampaikan dengan bumbu komedi, Komik Ta’aruf karya Esa Yuandana  terbitan Koloni M&C ini membahas hal yang sedikit lebih serius, tentang Jodoh. Taaruf sendiri berarti berkenalan dan istilah ini digunakan ketika seorang laki-laki dan perempuan dengan perantara orang yang dipercaya (Keluarga, Guru dan sebagainya) berkenalan dengan niat untuk menikah. Komik ini Menceritakan tentang Umar seorang Pemuda yang diputuskan oleh pacarnya ketika hendak memberikan cincin sebagai niat melamar.

3 tahun berselang semenjak saat itu, Umar pun tidak serta merta terpuruk, namun dia belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Umar sering meluangkan waktu untuk itikaf di Masjid dan membantu rekan kerjanya yang juga seorang Ustadz. Suatu ketika dia dipertemukan dengan Asiya seorang gadis berhijab yang membuatnya kagum. tiba waktu dimana Umar meminta Ustadz untuk menjadi Perantara Taaruf, Umar harus membuat Biodata Taaruf, dikomik ini ada contoh bidodata yang berisi antara lain : Identitas Umum, Susunan Keluarga, Riwayat Pendidikan, Riwayat Organisasi, Pengalaman Pekerjaan, Riwayat Kesehatan, Kondisi Pribadi dan Keluarga, Seputar Pernikahan bisa berupa Visi dan Misi, Kriteria Calon yang diharapkan dan Rencana Hidup.

Namun salah satu syarat dari Aisya adalah lelaki yang belum pernah pacaran, jadi apakah Taaruf antara Umar dan Aisya akan berjalan dengan lancar atau malah akan muncul penghalang?

 

Selain kisah tentang Umar dan Aisya, dalam komik ini juga mengingatkan tentang menjadikan Nabi Muhammad dan para Sahabat sebagai teladan, hal-hal sederhana tentang menjaga kebersihan, saling mengingatkan dalam hal kebaikan, tolong menolong antar sesama, dan momen yang pas juga dengan Ramadhan adalah Itikaf di Masjid serta bertaubat seraya mengharapkan ampunan dari Allah.

 

  1. Gambar Itu Haram? Serba serbi hukum Tashwir dalam Islam

Komik Gambar Itu Haram? Diterbitakan Penerbit Salsabila, Author komik ini @bangdzia membahas tentang sejarah, dalil-dalil dari para Ulama mengenai hukum menggambar. Buat kalian yang memiliki hobi menggambar atau berprofesi yang berhubungan dengan menggambar terkadang ada juga yang bertanya-tanya mengenai hukum menggambar.

orang yang paling keras adzabnya di hari kiamat, di sisi Allah, adalah tukang gambar” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kutipan : muslim.or.id

Tashwir selain dapat diartikan sebagai kegiatan menggambar dapat pula diartikan membuat bentuk, membuat patung dan sebagainya. Dalam komik Gambar Itu Haram?, Ulama pun berbeda pendapat mengenai hukum Tashwir, ada yang total mengaharamkan, ada juga yang membolehkan sebagian,.

Meskipun demikian dalam menyikapi perbedaan-perbedaan pendapat yang ada, kita pun harus menghargai pendapat yang berbeda tersebut, bahkan pada Jaman Walisongo Seni seperti Wayang juga menjadi salah satu metode penyebaran Islam. pada akhirnya yang dapat disimpulkan dari buku ini, dalam mengambil sikap, kembali lagi kepada diri masing-masing, niat menggambar atau berseni ini, untuk apa?, jika dapat menjauhkan diri dari ALLAH maka tinggalkan, namun jika masih ada niatnya karena ALLAH sebagai tujuan akhirnya dan selama masih positif serta tidak melanggar syariat Islam, maka boleh dilanjutkan.

 

  1. Real Masjid

Tony Trax yang merupakan mantan Manager Band Endank Soekamti telah menulis hingga 5 Buku komik Real Masjid. Untuk komikus yang bekerja sama berbeda-beda ditiap seriesnya. Komik yang aku miliki adalah Real Masjid 1 dengan komikus Galang Tirtakusuma yang juga merupakan Author Garudaboi. Dan komik Real Masjid 2 dengan komikus Faza Meonk pemilik IP SiJuki dan Thoma Prayoga. Seri pertama mulai terbit bulan ramadan 2011, dan berhenti pada 2015 Setelah dua tahun absen, pada akhir 2016 Tony Trax kembali meluncurkan Real Masjid seri ke 5 dengan jalur Indie.

kutipan Tribun News

komik Real Masjid berformat komik 4 Panel, dimana komik ini menampilkan sketsa kehidupan sehari-hari yang kocak namun tetap memiliki hikmah didalamnya.

Meskipun aku sendiri juga agak jarang ke Masjid, komik ini bisa mengingatkan kita semua bagaimana menyenangkannya dapat ke Masjid dengan bebas, apalagi dimasa sekarang semenjak ada Pandemi Corona, kegiatan dan yang melibatkan berkumpul harus dibatasi. Termasuk juga kegiatan di Masjid dibatasi untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 Corona ini. Sudah beberapa kali juga banyak dari kita meninggalkan sholat Jumat dimana wajib dalam seminggu sekali dan mengganti dengan Sholat Dzuhur. Semoga wabah ini segera berlalu, dan kita juga sebagai masyarakat dapat berperan serta dalam menhindari penyebaran ini dengan mendukung penuh upaya-upaya yang ada, sehingga kita dapat kembali menikmati indahnya beribadah di Masjid terutama pada bulan Ramadhan.

 

Semoga #BacaKomikAsyik 7 Komik Inspiratif yang bisa menemani kamu mengisi waktu di Bulan Ramadhan ini bermanfaat bagi kita semua. Selain komik yang aku sebutkan diatas, ada juga judul lain yang bisa kamu baca seperti komik Pengen Jadi Baik karya Squ, Komik Sufi karya Bayu Priambodo, Komik Islam Sehari-hari dan 33 Pesan Nabi karya Vbi Djenggotten dan banyak komik Inspiratif lainnya.

Sampai jumpa di segmen #BacaKomikAsyik channel ulummulu.com selanjutnya.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Soundcloud

FB

Terimakasih sudah mampir di ulummulu.com, silakan Share, Subscribe dan Komen tentang komik Inspiratif yang bisa nemenin kamu di Bulan Ramadhan versi kalian.

tonton juga Youtube ulummuluDOTcom

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *